BELAJAR EXCEL BELAJAR EXCEL

30+ Rumus Excel Lengkap dengan Contoh Perhitungannya

30+ Rumus Excel Lengkap dengan Contoh Perhitungannya

RAP Project Bot – Berikut adalah 30+ Rumus EXCEL yang wajib kamu ketahui guna meringankan dan memepercepat pekerjaanmu, simak rumus di bawah berikut ini :

1. Cara Menjumlahkan di Excel (SUM)

SUM adalah cara menjumlahkan di excel. Rumus dasar ini digunakan untuk melakukan penjumlahan angka yang sudah diinput di dalam sel tertentu. SUM juga dikenal sebagai rumus tambah excel. Misalkan, kamu ingin menjumlahkan angka dari sel A2 sampai A5, maka rumusnya adalah:

=SUM(A2:A5)

Cara membuat rumus SUM

2. Rumus Pengurangan

Ada rumus penjumlahan, maka ada rumus pengurangan excel yang perlu kamu tahu. Rumus ini cukup mudah untuk digunakan. Sama dengan melakukan pengurangan tanpa excel, kamu cukup memasukan rumus pengurangan excel:

=A1-B1

Rumus pengurangan excel

3. Cara Mengalikan di Excel

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai rumus perkalian excel. Mungkin beberapa dari kalian menganggap bahwa rumus ini sulit untuk digunakan. Padahal tidak sesulit yang dibayangkan, lho. Kamu cukup memasukan rumus perkalian ini di laman excel kamu:

=A1*B1

Cara membuat perkalian di excel

4. Rumus Pembagian Excel

Ada rumus perkalian excel, maka ada rumus pembagian excel. Rumus ini berfungsi untuk membagi data di sel satu dengan sel lainnya. Untuk menggunakannya, kamu bisa langsung memasukkan rumus pembagian excel:

=A1/B1

Rumus pembagian excel

Baca Juga: 30 Tombol Shortcut Microsoft Excel untuk Meningkatkan Efisiensi Pembuatan Dokumen

5. Rumus COUNT

COUNT berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka. Misalkan. Dari sel A1 sampai D1 kamu isikan data angka, sementara dari sel E1 sampai H1 berisikan data huruf. Maka rumusnya adalah:

=COUNT(A1:D1)

Cara membuat rumus COUNT

6. Rumus COUNTA

Dalam belajar excel, COUNTA memiliki fungsi yang sama dengan COUNT. Hanya saja, pada rumus COUNTA, sel yang dihitung adalah keseluruhan sel. Jadi sel yang berisikan data apapun bisa dihitung menggunakan rumus ini.

Sehingga kamu bisa mengetahui berapa jumlah sel yang tidak kosong. Misalkan, pada sel A1 sampai D1 berisikan data angka, lalu sel G1 sampai J1 berisikan data huruf, dan sel E1 sampai F1 kosong. Maka rumusnya adalah:

=COUNTA(A1:J1)

7. Rumus AVERAGE

Rumus yang satu ini berfungsi untuk menghitung rata-rata angka pada range sel tertentu. Misalkan, kamu ingin menilai rata hasil UTS minggu lalu, maka kamu bisa langsung input data angka di sel dan gunakan rumus rata-rata excel seperti:

=AVERAGE(A2:A7)

62db8c614f3d0a4d34522060 PxN8v NGXcSFyY7PFCEXKFZJt9vx oociC5kBa41Qm9dZsfwYfgOZbZqecR3e0H2QkpHc99w vYFjeA2b pBghENarPLNawqg2FEIqF147I1kxZDAL osSTNBdOlT9jyvDM34uvcwGVYEzU0dc7fw

8. Rumus IF

Rumus IF memiliki peran penting untuk membantu kamu dalam mengidentifikasi data berdasarkan logika tertentu. Biasanya untuk jawaban ‘benar/salah’.

Misalkan, kamu ingin mengecek apakah angka yang data di sel A1 lebih besar dibandingkan dengan angka yang di sel B1. Jika memang angkanya lebih besar, maka jawabannya adalah ‘BENAR’. Dan sebaliknya, jika lebih kecil, maka jawabannya adalah ‘SALAH’. Cara membuat rumus di excel seperti:

=IF(A1>B1; “BENAR”,”SALAH”)

62db8c62a967f13a254b96b8 Mr0fXbUU20nO26 2dI0Wgoj3J3kNAJEmrlC uAMX qXBcG3NsFzpnjwhDlTmcFHTQO0aPyZ3jVM6cqgFtP XXAovQdcfTFxKYjOMmvbQHkxNE 4GN8Z1hh

9. MAX

MAX berfungsi untuk mencari angka tertinggi di dalam suatu deretan data. Misalkan kamu ingin mencari nilai tertinggi hasil UTS, maka kamu bisa input data angka di sel yang ditentukan (A2 sampai A7). Cara membuat rumus di excel seperti:

=MAX(A2:A7)

62db8c624f3d0a89bd522165 uvCXK8ZoL1dnBQs43hyGdoQtO1zHFx7eTMEloRZ UGQ1bn0kCanNse IT a4Pph2WiwnUEFxEm52QaL9UbT Pp1bwBQATKq081Tu5mHQOvK4c6snggfFouHynP2QtnJuTfJMf 8euwdU AuAKCTvCg

10. MIN

Memiliki fungsi yang sama seperti MAX, hanya saja MIN bertugas untuk mencari nilai terendah dalam suatu deretan data. Misalkan kamu ingin mencari nilai terendah hasil UTS, maka kamu bisa input data angka di sel yang ditentukan (A2 sampai A7). Rumusnya seperti:

=MIN(A2:A7)

Cara membuat formula minimum

11. TRIM

Dalam belajar excel, rumus TRIM bisa membantumu dalam merapihkan data dalam suatu sel. Biasanya tanpa disadari kita mengetik spasi sebanyak dua kali. Hal ini bisa menimbulkan hasil ‘EROR’ pada saat kalkulasi data. Dengan menggunakan TRIM, spasi yang diketik sebanyak dua kali tersebut bisa langsung dirapihkan secara otomatis.

Perlu diperhatikan, bahwa rumus ini hanya berlaku dalam satu sel saja. Jadi kamu harus menggunakannya satu per satu. Cara membuat rumus di excel seperti:

=TRIM(A2)

Cara menghapus spasi di excel

12. AND

Rumus AND merupakan fungsi logika. Kamu bisa menggunakan rumus ini jika ingin mencari tahu apakah isi dari suatu sel benar (TRUE) atau salah (FALSE). Misalkan kamu ingin mengetahui apakah angka di sel A1 lebih besar dari 50 DAN kurang dari 100.

Jika jawabannya benar, maka kata TRUE akan muncul, dan sebaliknya jika salah, maka kata FALSE akan muncul. Cara membuat rumus di excel seperti:

=AND(A1>50,A1<100)

62db8c629d4bb61920e495a9 E60zLx5KRp1tVeXIVumRFgNLVflxs7PIRzCffdAcOV89sCalUbU5qb2vvmmosOfPaClHv 8rijHS1NvW5L5YtdxX8Vkh oaaDCOCmLHcm2PygeYlOtMKxvBCSGUvAEmjzapENALy4iej kk 8RKU9w

13. OR

Belajar excel kegunaan dari rumus OR sama dengan fungsi dari rumus AND. Hanya saja, jika rumus AND harus memiliki dua kriteria untuk menemukan jawabannya, maka rumus OR bisa hanya salah satu kriteria. Misalkan kamu ingin mengetahui apakah angka di sel A1 lebih besar dari 50 ATAU kurang dari 100.

Jika jawabannya benar, maka kata TRUE akan muncul, dan sebaliknya jika salah, maka kata FALSE akan muncul. Maka rumusnya seperti:

=OR(A1>50,A1<100)

62db8c62857c2d1026657f63 7mG6b5sCStHDD8w NEwkjLbrxEcHVR3WHSJ40lsMbNR31xIno80XUvZDrvgVcExo3 5 N0Ght6Ugy2tMUAk

14. NOT

Fungsi dari rumus NOT adalah kebalikannya dari rumus AND dan OR. Misalkan, kamu ingin mengetahui apakah angka di sel A1 tidak lebih besar dari 100. Jika jawabannya benar dan memenuhi kriteria maka yang akan muncul adalah TRUE, dan sebaliknya jika salah dan tidak memenuhi kriteria maka FALSE yang akan muncul. Maka rumusnya adalah:

=NOT(A1>100)

62db8c62a967f12a414b970d G egjqpXMZ1lyCDdxJ7hs4PucjmS 4P8WwUDPeKLjQWie9QB55nAuyMFNITCg01EgdDJsA8KT0i7KjPsWYb 6hFW2z1I1raj BwXhY7qfXQ9A 57OziK6nFwj9zDfgw dev9J3ZOjhKDeIaZSJgQ8g

15. LEN

Rumus LEN bisa membantu kamu untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam satu sel. Karakter yang dihitung tidak hanya huruf dan angka saja, tapi juga tanda baca seperti spasi, tanda tanya, tanda seru, titik, koma, dan lainnya. Maka cara membuat rumus di excel seperti:

=LEN(A1)

62db8c636f23ba6889e49d4c DHSq06EAir024VxpE0CojOHVmIwBFuuq519kj QYvmPNPMKvKUscITmbcPoBDpOjxQZ4LpFoce63FHQF BEyGTYVEJ4o

16. AREAS

Di belajar excel Fungsi rumus AREAS adalah untuk menghitung jumlah area yang diseleksi. Misalkan kamu menyeleksi satu range sel dari A1 sampai C6, maka rumusnya adalah:

=AREAS(A1:C6)

Fungsi rumus AREAS

Lalu tekan enter dan hasilnya akan menjadi

62db8c63241e0463203f1d2d TWkD5ohf80DszWfq6PsquCW Do8jGCACIshhk6DS9ghTIsU9VoYxTa6yG3Y0KzNNdD6w2BesujIpSreXrh5uGxe bCQL5XD 7t3v9Sm1NxO 2B84AAZFQ7wKOnqn bYA3TtR6NzIdLrl FsNM4CPQQ

Baca Juga: Apple Izinkan Pengguna iPhone Bakal Bisa Download Aplikasi di Luar App Store

17. Rumus VLOOKUP

Banyak yang mengira bahwa rumus VLOOKUP excel sulit untuk diaplikasikan. Tapi nyatanya rumus ini bisa mempermudah pekerjaanmu untuk mengambil data yang disusun secara vertikal.

Misalkan, kamu mengelompokkan beberapa barang yang ingin kamu beli berdasarkan harga barang (C2 sampai C5) dan ongkos kirimnya (D2 sampai D5) Maka rincian tabelnya seperti ini:

Lalu untuk mengisi rincian tabel barang yang mau dibeli, maka rincian tabelnya seperti:

Cara membuat rumus di excel: =VLOOKUP(C2;C2:D5;1,0)

62db8c639d4bb63cdfe49629 coEGNLvCbZHd3g X4HK4qeO4nqRuxj4 Kn24xkENBI0sVh1te7rWolcX2o7H0KPHHDk15 EKjGMQvD5GUsnK8xneM QHhSvtzdHMEs7 e7

C2 adalah sel yang berisikan harga dari barang yang akan dibeli. Lalu C2 sampai D5 merupakan range sel keselurahan yang diseleksi. Angka 1 menunjukkan bahwa harga barang ada di kolom pertama (dihitung dari kolom C), dan angka 0 untuk biasanya merujuk kepada TRUE dan FALSE.

Gunakan rumus yang sama untuk mengisi tabel ongkos kirim. Angka yang perlu diganti adalah 1, karena tabel ongkos kirim berada di kolom kedua (kolom D). Jangan lupa tekan F4 untuk mendapatkan angka yang absolut.

18. HLOOKUP

Memiliki fungsi dan kegunaan yang sama dengan rumus VLOOKUP excel, hanya saja data yang dihitung secara horizontal. Jadi rincian tabelnya akan terlihat seperti ini:

Rumus yang digunakan pun sama dengan VLOOKUP. Hanya saja menggantinya menjadi HLOOKUP, seperti:

Cara membuat rumus di excel: =VLOOKUP(C2;C2:D5;1,0)

62db8c636f23ba4f0be49de5 ZB2xLORnJN0nh41EdyzWAoNql23jGH798NZ5dWDGNNM6RaEG7tb0i69aX18ykb2irbegUjqWP qeF85LFgD32rf

19. CHOOSE

Di belajar excel, rumus CHOOSE bisa membantu kamu untuk mengambil nilai dari suatu tabel data. Misalkan kamu ingin mengelompokan barang-barang yang ingin dibeli (B2 sampai B5), maka kamu akan membuat tabel seperti:

62db8c6429cb089ac8536274 9j9QUH3DVQHIgwriJElcQ4nyK6Q mSRXTjVtKq2Kuf7 PcXo2y vQRuXWgYNJ2ThDvFxsdq22PIJsGNXUm7SWFUA K

Lalu buat kolom baru untuk nomor barang dan jenis barang. Maka tabelnya akan terlihat seperti:

62db8c64857c2d04bf6581c7 dIdJMZpQGjWGKmWyWkAUL2cmD7IntqHbtUGFoOT34nGTTccUTsfSKrOAXwDMcEHsTolPE0O1ab3AlvWViZlTS9xEGf5hdSeM6FOI5usGbT m90pS xrxPblVvI4Sh iQOi6Pl9ohQx6 Gox5 UE9CA

Sel pertama yang kamu masukkan adalah E2, yaitu nomor barang. Lalu masukkan sel B2, B3, dan B4, yang berisikan nama barang yang ingin kamu beli. Setelah kamu masukkan rumus: =CHOOSE(E2;B2;B3;B4) dan tekan enter, maka tabelnya akan terlihat seperti:

62db8c64241e048bb63f2281 FImxk83SvLPJRaVSyQg6GxVtk4tslnOryi7MVjnH5Tvx4K7CLAgEWuaWC3BCkme3iCznCudKKboi3GtVsOvUDbxgPIUeGA5UrcYFn20nWK2v3gui

20. Cara Memakai Rumus MATCH

Rumus ini sebenarnya memiliki banyak fungsi. Tapi pada dasarnya MATCH digunakan untuk menemukan data pada baris tertentu. Misalkan, kamu masukkan nama-nama buah (A2 sampai A6) di tabel seperti di bawah ini:

62db8c649d4bb6e72ce49714 WfUqM8UGbVz82pFWdwS0NFl8Jqi3w8lM1ZrJcKiRQ95zrdzfP7no yg13re6wZqP0e647Qv1Zf0t26xIFKbICgpQ4PB1 wrGYmR7VGi1yQw HJ37ru1Y4maqsrGZnPA DTLUXvHl8nAfuc5QOMNN1A

Lalu kamu ingin mencari buah apel ada di baris ke berapa, maka rumus yang kamu gunakan adalah:

=MATCH(“APEL”;A2:A6)

62db8c64386db01f9c74e1f3 rE 8JnslhGHnk3nHyTSQBX1C4ll2xUCWqFEbsign2W s1bqsQrstx3emobHj kkQUVKkLU2Eq8NEjN2FWU0GciZ9u2IeESaLR1vPX3npe5E0dg1qI7 KVk

Kamu harus memasukkan kata yang ingin kamu cari ke dalam tanda kutip. Lalu, masukkan sel range yang berisi data nama buah (A2:A6). Setelah itu masukkan rumus =MATCH(“APEL”;A2;A6) dan tekan enter. Hasilnya akan menunjukkan pada baris ke berapa buah apel berada.

Atau dalam versi excel 2013, rumus yang bisa digunakan adalah =MATCH(C1,A2:A6,0). C1 merupakan sel kata “Apel” berada. Lalu A2 sampai A6 adalah range sel yang sudah diisi data nama-nama buah. 0 adalah sebagai pembulat dalam mencari baris yang dimaksud.

21. CEILING

Rumus ini berfungsi untuk membulatkan angka dengan kelipatan sepuluh ke angka atas terdekat. Misalnya, kamu ingin membulatkan daftar harga belanja bulanan maka tabel yang akan dibuat terlihat seperti ini:

62db8c64cc70c02c731603a4 2Z9846lbngWp2QdJdDJXdjunoIA6crEIuwdhLEh

Seperti yang kamu lihat, pada sel B2 berisikan harga yang belum dibulatkan. Sementara itu angka 10 merupakan batas yang kamu tetapkan. Jadi pembulatan angka masksimal mencapai angka 10 yang lebih tinggi dari angka aslinya. Masukkan rumus =CEILING(B2;10), lalu tekan enter. Maka pada sel C2 akan terlihat hasil dari pembulatannya.

62db8c644a0aa72aeda307d4 se5nxIcJ3mddXaH2ivFyN9lB8Usq612qHRSIZULxcwYFmcTR0oSCB6DgLFKJFE bSAFLpxD5NlvRroYVfcgxjlRteBxG2iCwF90TqB2yUqFLwt1tTb fLYPprPX7MWNaXRplzC6CZZuk7d ggs BQ

22. FLOOR

Jika rumus CEILING membulatkan angka kelipatan 10 ke atas, maka rumus FLOOR digunakan untuk membulatkan angka kelipatan 10 ke bawah. Seperti yang bisa kamu lihat di tabel bawah ini:

62db8c64cc70c02c731603a4 2Z9846lbngWp2QdJdDJXdjunoIA6crEIuwdhLEh

Cara menggunakannya pun sama dengan rumus CEILING, yaitu dengan memasukkan rumus =FLOOR(B2:10). Lalu tekan enter dan kalian akan melihat hasil pembulatannya.

62db8c64bf39e1daf3008fe7 6rI0V3fpzkT0fQqN4LdyIvEML0sDvCcE1FoKQtnjKCQ GasKv0FH 7ahJpz2obK0xpq3Z06HWBEhKmrTdYuqeGvToISthgLHlqPYr3esRivHFs WmC9ppWnF5P6L78Fv NHP1i6UvjFS

23. COUNTIF

Dalam belajar excel, rumus COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memiliki kriteria sama. Sehingga sangat memudahkan kamu dalam hal menyortir data. Misalkan, kamu melakukan survey kepada 10 orang responden. Lalu kamu ingin tahu ada berapa orang yang bekerja sebagai petani. Maka cara membuat rumus di excel adalah:

=COUNTIF(B2:B11;”PETANI”)

62db8c65857c2d52b46582d5 G1ndqfjJcqBjhFwtAn226HO4OGCaFcGvQwLb4p3E ro3nfdCxnOSmJlXilNSS z5qt4LeNHed9OBjbWBHNJDMTqoyCyzklEdfJv 7VTY7Cevd9BDe rlArgcpz8UWk 4WzjssiNTC8FIV7avd602Sw

24. SUMIF

Rumus ini berfungsi untuk menghitung keseluruhan jumlah angka yang ada pada sel-sel dengan kriteria tertentu. Misalkan, dari 10 responden yang sudah disurvey, kamu ingin mengetahui berapa biaya hidup yang dikeluarkan oleh petani. Maka kamu dapat menggunakan rumus:

=SUMIF(A2:A11;’”PETANI”;B2:B11)

62db8c64386db0491474e238 g8D9lXJ84J7ysE3RoHqu1TgUUKeMrjzC9VLtXvzBBnCQQA XffNeN46Mu8oNIQB1uSLWU9 9hitufR51PWNR4VDCL9h5V9X7sy2tkd8H3vDPCZ0bnyMU226GsWum064l toRVnV7mSp2dzIJpeKWgw

25. Formula Rumus CONCATENATE

Rumus yang satu ini sangat membantu kamu jika ingin menggabungkan teks kata pada excel. Misalkan kamu memasukkan sejumlah nama orang di excel dan membedakannya berdasarkan nama depan dan nama belakang (B2:C2).

Maka untuk mendapatkan nama lengkap atau gabungan dari kedua sel tersebut, kamu bisa menggunakan rumus:

=CONCATENATE(B2:C2)

62db8c65bf39e179a1008fe8 xlPSd8LD0L25s1HnNJt5Ima5yq0d4fgisylBmvIkjKMHUgZH6EvZnwMDEqwX NHEJ0CAahm Fs2jUsmNDJQ5n5q8YMnf66skwAhJQI80SDRl WhAzDEd1Fuo6UjBPwOT8iAWbaGPzi7j8bh84enu g

Jangan lupa masukkan karakter spasi dengan mengetik (“ “) agar hasil di sel nama lengkap ada spasinya.

26. LEFT

Fungsi dari rumus LEFT adalah jika kamu ingin mengambil beberapa karakter dalam sebuah kata atau angka dari bagian sisi kiri. Misalkan kamu ingin mengambil tiga karakter dari kata “MEMBUKA” di bagian kiri, maka rumus yang digunakan adalah:

=LEFT(A1:3)

62db8c6629cb08f2a5536484 2lDIJ8sbvGN3WZfvcij8R59brePhwLVxc4VwoGmEh7EibMGgzhXdOaU0zptykaAHojSdDGegDcHZoEXg7 Yr wL1OJpunpI2lhXvAtdVPMhJLV8K8FYs4XC3t87RsOJr2N5V D7AHg R jpXr7hUwg

Hal yang harus kamu perhatikan adalah jumlah karakter dalam satu sel tersebut. Misalkan, “MEMBUKA” memiliki tujuh karakter, tapi karena kamu hanya ingin mengambil tiga karakter dari bagian kiri, maka angka yang dimasukkan adalah 3. A1 merupakan sel dimana kata “MEMBUKA” berada.

27. RIGHT

RIGHT memiliki fungsi dan kegunaan yang sama dengan LEFT. Hanya saja jumlah karakter yang diambil dari bagian sisi kanan. Maka rumus yang kamu masukkan adalah:

=RIGHT(A1:3)

62db8c65241e0479c63f22db B2a2fOK2uJ0sisEKd3IT8dVXlCYsrESDgtBxTU5LQ4VnRVKnzjzZrqzPg F4O62rzaEvXCSFv33bHe 8i4gkigfNXbvfTVF3P0M52lSu0FQzsGVhV VRpp2nRYLqsA0jjyFVbUcrggCK yTAsyNrrg

Baca Juga: Indonesia & Singapura Buat AI Bahasa Indonesia & Daerah

28. MID

Jika ada LEFT dan RIGHT, maka ada MID. Rumus ini berfungsi untuk mengambil sejumlah karakter dari bagian tengah. Maka rumus yang digunakan adalah:

=MID(A1,4,2)

62db8c6529cb08d60c53641e eL02Z1vbBwf gRDEPQtpcP B7OrqBwvndzxGFXqqy6NxjHs4 wUFbigk32wZcMfozLL4JstDk9hauslJ291T0jDVpUI 9rsUatc27psethhGfjHSqOjyOTuD7lGFdyWE aM6oLZqBZHkrhmXmtX1Xg

A1 merupakan sel kata “MEMBUKA” berada. Lalu 4 adalah jumlah karakter dari sisi kiri yang mau diambil. Dan 2 adalah jumlah karakter yang ada di tengah dari kata “MEMBUKA”.

29. DATE

Rumus excel yang paling sering kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari adalah DATE. Seperti namanya, rumus ini berfungsi untuk menambahkan tanggal pada file excel yang kamu buat. Maka rumus yang digunakan adalah:

=DATE(2021,11,3)

62db8c65c0ac5f1059c9c665 HEQKcPY9xITerccs08LF3sCcmygKGu94H 8rqYZGSLamrGtu3E2fpiYA5tp7tdhjUIMu3Ycxy9aRftiqPwQu P9HiQ2OOCNYImr0 XaElG4 UIVeV5wyIvwv1quA VVSmJlvA3pwpZ9DmTNTQNUjsQ

Hasilnya akan keluar seperti referensi waktu pada perangkat yang kalian gunakan.

30. YEAR

Rumus ini berfungsi jika kamu ingin mengambil angka tahunnya saja pada suatu sel.

Maka rumusnya adalah:

=YEAR(B2)

62db8c65857c2d4402658314 zfEqs RWZxzBQaIlgzQwjf9NkITQxq Vvkl16MtmG6Bi2tdFv1k7MhANjWS0 vUKIyoo5EiVd6iDtcHiq EJOFgkJDd XZgqcLRnvNVfLL3gqsCb

31. MONTH

Rumus ini berfungsi jika kamu ingin mengambil data bulannya saja dari sel tertentu. Misalkan kamu hanya ingin mengambil tahun yang ada di sel A2 (2021/11/03), maka rumusnya adalah:

=MONTH(A2)

62db8c66857c2d747765833c H85xVBd76nvdD5YzgKPfGo0v7TqAvbU4EUvms3T39ThXSogBJk7zhuUmVEulYiJ8ptf4BCGHgaKtmYqpdj8G4rsRLeRoyd0W6x4L2eHBClNmnMsH3VMZjkKU9 RScbklI OymAoCssy9EL2gsOnTsQ

32. DAY/DAYS

Rumus ini berfungsi jika kamu ingin mengambil data harinya saja dari sel tertentu. Misalkan kamu hanya ingin mengambil tahun yang ada di sel A2 (2021/11/03), maka rumusnya adalah:

=DAY(A2)

62db8c66c0ac5f7794c9c6b8 5R BpAynUGP2YwLb m7XiImW TB20ZpL1dZvcTqY BXDE OhjqB4VbSYkSS1NlQdqE9zdb7zisXrTh5RzYilQt9BMj kWzCDRwOWFxgWwr2QrMTED2gdP1DkYM KoUHbGXeZuMu77 iVb23W7LhGw

Rumus ini juga kamu gunakan untuk menghitung jumlah hari di antara dua tanggal. Contohnya, jika kamu ingin menghitung ada berapa jumlah hari di antara tanggal 1 November (A4) sampai 5 Desember (B4), maka rumusnya adalah:

=DAYS(B4,A4)

Pastikan kamu memasukkan sel yang berisikan data tanggal paling terakhir, yaitu 3 November di dalam rumus function terlebih dahulu baru kemudian tanggal awal, yaitu 5 September. Rumus ini juga bisa kamu gunakan untuk melakukan hitung mundur (count down) sebuah acara.

33. FIND/SEARCH

Fungsi rumus ini adalah untuk menemukan karakter/kata pada sebuah sel tertentu di excel. Misalkan kamu ingin mencari huruf “e” dalam kata “Belajar Excel”, maka rumus yang bisa kamu gunakan adalah:

=FIND(B2;A2)

62db8c664a0aa7f550a3084b hMUBpsDYr7h2B bhdeskD9cUxu2HJJiclCWd2XGkPosYh6M7yIpOFpnIjCq8kG4Z1jBnGVOa9OQxCyz0UJyfeQQ 3BsnUcrs3gGd3FMbiBlppzex5ihEtizzQNwxghOG99LYkn0KnocOCXqT RT60A

Sumber : Kita Lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *